Softrickinfo

Blog Informasi Teknologi

Rekomendasi Game untuk Mengasah Skill Finansial, Kamu Harus Coba!

Kamu yang senang main game tentu sepakat, bahwa bermain game dapat memberikan banyak manfaat. Meski bagi sebagian orang memainkan game hanya membuang waktu.

Namun bagi kita yang sudah terbiasa melakukannya, pasti akan melihat kebiasaan ini sebagai sesuatu yang justru memberikan dampak positif.

Khususnya dalam hal membangun semangat dan melatih ketangkasan.

Bisa dilihat saat ini sudah banyak game online, yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi pekerjaan dan bahkan dapat menunjang karir di masa depan.

Tentunya apabila dilakukan dengan benar dan bijak. Karena terlalu lama menghabiskan waktu dengan bermain game juga tidak baik.

Alasan Bermain Game

alasan seseorang senang bermain game

Bagi kamu yang penasaran kenapa banyak anak-anak bahkan remaja senang bermain game, berikut beberapa alasan seseorang senang memainkan game, antara lain:

1. Merasa Tertantang

Selain menimbulkan perasaan senang, bermain game juga dapat membuat kita merasa tertantang. Terutama jika yang dimainkan game strategi seperti puzzle atau arcade.

Game seperti itu juga membantu anak atau pemain dalam mengasah kreativitas. Karena pemain akan dihadapkan dengan teka-teki atau misi yang berbeda di tiap level permainan.

Sehingga pemain akan semakin merasa tertantang untuk menyelesaikannya, dan melaju ke level selanjutnya.

2. Belajar Hal Baru

Gam tidak hanya memberikan kesenangan. Lebih dari itu, memainkan game juga bisa membantu kita belajar hal baru. Misalnya ketika bermain game tema petualangan atau survival.

Kita akan diajak untuk masuk ke dalam cerita, dan berperan sebagai sosok yang ada dalam cerita di game tersebut.

Sehingga kita menjadi lebih paham tentang cerita yang dibangun, dan bagaimana cara bertahan hidup sampai memenangkan permainan tersebut.

Game tema finansial juga bisa membuat kita lebih memahami tentang bagaimana mengelola uang, apa yang harus dilakukan untuk bisa menghasilkan uang, hingga mempelajari bagaimana cara yang tepat mengelola keuangan kita.

3. Terhubung dengan Orang Lain

Pilihan game saat ini semakin variatif, terutama game yang dapat dimainkan secara online. Membuat kita tidak hanya bisa bermain sendirian, tapi juga terhubung dengan orang lain dan bermain bersama.

Selain menambahkan keseruan dalam permainan, hal ini tentunya membuat kita tidak menjadi orang yang anti sosial, karena kita masih bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga:  Investasi Aset Digital: Pengertian, Jenis dan Cara Mempelajarinya

Bedanya kita berkomunikasi dengan orang lain di game secara virtual.

Meski begitu, hal tersebut juga tetap melatih kita untuk mengasah kemampuan berkomunikasi. Apalagi ketika kita bermain secara tim, kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan.

Kerja sama yang baik, dan komunikasi yang tepat, akan membuat permainan lebih mudah dimenangkan.

4. Meningkatkan Akurasi dalam Mengerjakan Tugas

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, dan dibahas dalam jurnal The Archives of Surgery mengatakan bahwa seorang dokter bedah yang bermain game, dapat mengerjakan tugasnya secara akurat dan tepat.

Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa dokter bedah yang bermain game, mampu menyelesaikan tugas 27% lebih cepat bila dibandingkan dengan dokter lain yang tidak bermain game.

Hal tersebut bisa disebabkan karena reflek yang sudah terbangun dengan baik ketika bermain game.

Terutama ketika memainkan game yang memerlukan akurasi tinggi, serta ketelitian dalam mengambil keputusan.

5. Visual Game yang Menarik

Saat ini teknologi dalam pembuatan game sudah sangat berkembang, tak terkecuali pada permainan yang memang diperuntukkan bagi anak-anak.

Penggunaan asset 3D hingga visual yang dibuat semenarik mungkin, menjadikan sebuah permainan semakin seru untuk dicoba.

Apalagi sekarang beberapa permainan online menawarkan visual yang sangat bagus, namun tetap memperhatikan kemudahan dalam bermain.

Meski ada beberapa pula yang harus berkompromi dengan besarnya file game, yang tak jarang memerlukan space yang lumayan besar.

Hal ini juga yang membuat beberapa developer game mencoba menghadirkan permainan browser-based.

Maksudnya game yang dapat langsung dimainkan di web browser, sehingga pengguna tidak perlu melakukan instalasi pada perangkat yang digunakan.

Manfaat Bermain Game Tema Finansial

manfaat bermain game mengatur keuangan

Setiap permainan tentu memiliki manfaat tersendiri, termasuk pada game tema finansial. Berikut beberapa manfaat game finansial yang bisa kamu rasakan, antara lain:

1. Belajar Time Management

Belajar time management tidak selalu harus melalui pekerjaan formal. Kamu juga bisa belajar mengatur waktu melalui permainan online seperti Stardew Valley.

Dimana pada permainan itu kita dilatih untuk menggunakan waktu dengan sebaik mungkin, menyelesaikan misi tepat waktu, dan mengatur kapan kita harus melakukan aktivitas tertentu yang akan memudahkan kita pada tahap selanjutnya.

Hal-hal tersebut juga bisa kita terapkan pada kehidupan, spesifik pada bagaimana cara kita mengatur finansial.

Kita jadi lebih mengerti bagaimana menentukan prioritas, bagaimana mengatur keuangan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan, hingga apa saja yang bisa dilakukan agar meningkatkan keuangan secara signifikan.

Baca juga:  Persiapan Masa Depan, 7 Tips Membeli Rumah untuk Anak Muda

2. Memahami Literasi Finansial

Game tentang keuangan sedikit banyak juga mengajarkan kita mengenai literasi finansial.

Sebagian dari kita mungkin melihat aktivitas seperti naik level, mendapatkan koin tiap menyelesaikan misi dan mendapatkan bonus pada level tertentu adalah hal yang biasa.

Namun ternyata disadari atau tidak, hal-hal tersebut membuat kita belajar mengenai konsep literasi keuangan.

Seperti memahami strategi untuk mendapatkan uang lebih di dalam game, memutuskan hal apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bonus, hingga bagaimana cara kita mengelola keuangan di dalam game, agar dapat digunakan dengan sebaik mungkin.

3. Berani Mengambil Keputusan

Pada beberapa game yang memerlukan pengambilan keputusan yang tepat, kita diajarkan untuk bijak dalam mengambil keputusan.

Contohnya bisa kita lihat dalam berbagai permainan yang memposisikan diri kita memiliki peran dalam game tersebut.

Hal-hal yang terjadi dalam permainan, terutama pada game tentang finansial, bisa diterapkan pada kehidupan nyata.

Misalnya dalam mengalokasikan uang, mengatur pembelanjaan, memutuskan instrumen investasi yang tepat, hingga keputusan jangka panjang seperti pensiun di usia dini.

Semuanya bisa direncanakan dengan matang apabila kita memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan. Khususnya dalam hal-hal yang berpengaruh di kehidupan dalam jangka panjang.

4. Belajar Mengatur Sumber Daya

Beberapa game strategi juga memungkinkan kita untuk belajar soal resource management. Saat bermain mungkin kita berpikir kalau ini hanya soal bagaimana menyelesaikan misi, dan naik level.

Namun pada penerapannya, kita harus mampu mengelola sumber daya (in game) semaksimal mungkin.

Dengan begitu, kita dapat menyelesaikan misi dengan mudah, dan melanjutkan permainan ke tahap selanjutnya.

Pada kehidupan nyata, mengelola resource yang kita punya juga berlaku pada manajemen keuangan.

Contohnya ketika kita ingin membeli sesuatu yang harganya cukup tinggi, kita perlu menabung atau berinvestasi terlebih dahulu.

Ketika kita ingin membeli rumah atau aset lainnya, kita harus bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga kita berhasil membeli rumah atau aset tersebut.

Serta memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mempercepat prosesnya.

5. Belajar Mengenai Budgeting

Pada beberapa permainan online, ada istilah grinding. Merujuk pada aktivitas yang dilakukan untuk mengumpulkan sesuatu di dalam game.

Umumnya dilakukan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya poin di dalam permainan.

Sehingga nantinya bisa digunakan sebagai mata uang di dalam permainan, entah untuk membeli item, membuka map baru, dan berbagai transaksi lainnya.

Hal itu secara tidak langsung juga membuat reaksi kita terhadap uang jadi berbeda. Kita jadi lebih mawas diri dalam mengelola uang yang dimiliki, karena untuk mendapatkannya tidak mudah.

Baca juga:  Investasi Aset Digital: Pengertian, Jenis dan Cara Mempelajarinya

Kita harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang, dan harus digunakan dengan bijak.

Maka dari itu kita perlu menerapkan sistem budgeting dalam mengelola keuangan. Khususnya jika memiliki banyak kebutuhan, namun uang yang dimiliki terbatas.

Dengan begitu, kita bisa memangkas hal-hal yang tidak perlu, menunda pembelian yang tidak terlalu penting saat ini.

6. Memahami Risiko dan Reward

Ketika menjalankan misi di dalam permainan, seringkali kita dihadapkan dengan reward dan risiko.

Contohnya dalam game Need For Speed: Heat saat kita berusaha menaikkan Heat level atau melakukan balapan di malam hari.

Kita akan diberikan hadiah yang sangat besar jika berhasil menang, namun uang yang kita miliki akan hilang ketika gagal.

Hal yang sama juga terjadi dalam pengelolaan keuangan di kehidupan nyata. Misalnya dalam melakukan investasi. Beberapa instrumen investasi memberikan kita return yang terbilang tinggi.

Namun ketika mengalami penurunan harga, maka nilai investasi kita juga akan berkurang sangat banyak.

Belajar dari kedua hal tersebut, kita jadi lebih berhati-hati dalam mengambil pilihan. Terutama yang berhubungan dengan finansial dan masa depan.

Kita lebih banyak melakukan pertimbangan sebelum mengambil keputusan yang tepat.

Game untuk Melatih Kemampuan Finansial

Bicara mengenai game bertema finansial, kami memiliki beberapa rekomendasi game untuk mengasah kemampuan finansial yang bisa kamu coba.

Salah satu game tentang mengatur keuangan yang sedang kami mainkan adalah Farm Factory.

Permainan sederhana ini membuat kita berperan sebagai peternak ayam.

game mengatur keuangan

Kita diberikan waktu 5 menit untuk mengumpulkan ayam agar dapat bertelur lebih banyak dan lebih cepat.

Nantinya akan ada truk yang akan membantu kita menjual telur-telur tersebut.

Kita juga bisa memperluas lahan peternakan jika berhasil mencapai level tertentu.

Game ini sangat mudah dimainkan dan tidak memerlukan konsentrasi tinggi dalam berpikir.

Namun tetap mengajarkan kita mengenai time management dan resource management.

Selain game tersebut, kami juga memainkan Real Estate Tycoon.

Permainan yang tersedia dalam 3 mode permainan ini terasa sangat menyenangkan. Terutama jika kamu senang dengan dunia properti atau membangun gedung.

Ada tiga mode yang bisa dipilih, career mode, time trial mode dan endless mode.

Nantinya kamu akan diberikan beberapa bangunan yang bisa dibeli, dan disewakan. Kamu juga bisa melakukan upgrade sehingga mendapatkan uang lebih banyak.

Namun kamu juga bisa kehilangan bangunan yang sudah dimiliki.

Untuk itu, perlu strategi yang baik dalam memainkan game ini.

Jika kamu tertarik dengan game mengatur keuangan seperti dua game di atas, kamu bisa langsung ke halaman ini untuk memainkan semua game yang disediakan oleh Mortgage Calculator.

Kami sangat berharap agar permainan seperti ini bisa terus dikembangkan.

Karena tidak hanya menghibur, tetapi juga sangat memudahkan dan memberikan banyak pembelajaran.

Apalagi permainan yang disediakan hanya memerlukan web browser dan koneksi internet.

Sehingga tidak terbatas pada device tertentu, maupun spesifikasi tertentu untuk memainkan semua game yang tersedia.

Related Posts