Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus – Beberapa pengalaman instal ulang di tempat service komputer membuat saya berfikir, “Daripada harus menunggu lama dan membayar dengan biaya yang lumayan besar, kenapa tidak belajar instal sendiri saja”. Berawal dari hal tersebut saya lalu mencari cara dan tutorial untuk melakukan instal ulang komputer sendiri.

Banyak hal-hal baru yang saya temukan saat belajar melakukan instal ulang komputer sendiri. Salah satunya adalah cara membuat flashdisk menjadi bootable dengan menggunakan software. Salah satu software yang bisa sobat gunakan untuk membuat sebuah flashdisk menjadi bootable adalah Rufus.

Dengan mengguakan Rufus sobat bisa melakukan proses bootable pada flashdisk dengan mudah dan cepat tanpa harus memiliki kemampuan khusus. Berikut Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus./

1. Download Rufus disini.
2. Pastikan flashdisk yang akan kamu jadikan Bootable sudah terpasang.
3. Jalankan software rufus yang sudah sobat download tadi.
4. Beri tanda Centang pada bagian “Create a bootable disk using“, gunakan “ISO Image” Sebagai sumbernya (pastikan OS yang akan di bootable berformat .iso), lalu tekan tombol browse yan ada di sebelahnya. Lihat gambar berikut.

5. Pilih file OS yang akan sobat jadikan bootable.
6. Klik tombol “Start” untuk memulai proses bootable.
Source image : Pusatgratis.com
7. Tunggu hingga proses bootable selesai.
Nah itulah sedikit tutorial singkat tentang Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus. Semoga bermanfaat bagi sobat, jika ada yang tidak jelas silahkan ditanyakan melalui kotak komentar. Sampai jumpa pada postingan softrickinfo yang lainnya.
Baca juga:  Tips Aman Beli Mobil Secara Online yang Harus Kamu Coba